Posisi
Home > PPID > PROFIL > Tupoksi SKPD > TUPOKSI BAKESBANGPOL KABUPATEN BLITAR

TUPOKSI BAKESBANGPOL KABUPATEN BLITAR

TUGAS FUNGSI DAN STRUKTUR ORGANISASI BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK KABUPATEN BLITAR

 

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik dibentuk berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 41 tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah dan Peraturan Daerah Kabupaten Blitar No 6 Tahun 2011 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Blitar Nomor 20 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Inspektorat, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Blitar. Sedang susunan organisasi dan tata kerja diatur lebih lanjut dengan Peraturan Bupati Blitar Nomor 44 Tahun 2011 tentang Penjabaran tugas pokok dan fungsi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupten Blitar

 

1.             Tugas Pokok

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Blitar mempunyai tugas pokok :

Melaksanakan Penyusunan dan Pelaksanaan kebijakan daerah yang bersifat spesifik yaitu di bidang Kesatuan Bangsa dan Politik.”

2.             Fungsi

Untuk menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Kepala Badan mempunyai fungsi:

  1. Perumusan kebijakan teknis di bidang Kesatuan Bangsa dan Politik di
  2. Pemberian dukungan atas penyelenggaraan pemerintah daerah di bidang Kesatuan Bangsa dan Politik .
  3. Pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang Kesatuan Bangsa dan
  4. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Adapun tugas pokok dan fungsi masing – masing jabatan pada badan kesatuan bangsa dan politik kabupaten blitar adalah sebagai berikut :

1.       Sekretaris

Sekretaris sebagimana dimaksud pada pasal 5 ayat (1) huruf b, dipimpin oleh Sekretaris mempunyai tugas membantu Kepala Badan dalam mengumpulkan dan mengolah data dalam menyusun rencana program, monitoring, evaluasi dan penyusunan laporan, menyelenggarakan ketatausahaan, administrasi kepegawaian, administrasi keuangan dan urusan umum serta memberikan pelayanan administrasi kepada semua unit kerja di Lingkungan Badan

 

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pasal 7, Sekretaris mempunyai fungsi:

  1. Penyusunan rencana kegiatan dan program kerja Badan
  2. Pemantauan dan evaluasi hasil program kerja Badan
  3. Pengkoordinasian dan penyusunan laporan hasil pemantauan program kerja Badan
  4. Pengkooordinasian pelaksanaan tugas-tugas bidang pada Badan
  5. Pengelolaan ketatausahaan, rumah tangga, kehumasan dan keprotokolan
  6. Pelaksanaan fungsi tata usaha keuangan Badan
  7. Pengelolaan administrasi kepegawaian dan kesejahteraan pegawai
  8. Pengelolaan administrasi keuangan dan gaji pegawai
  9. Pengelolaan dan pengadministrasian perlengkapan kantor, pemanfaatan dan perawatan inventaris kantor
  10. Pelaksanaan pelayanan teknis administrasi kepala Badan dan semua unit Organisasi di Lingkungan Badan
  11. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Badan

 

               Sub. Bagian Penyusunan Program

Sub Bagian penyususnan Program mempunyai tugas menghimpun dan mengolah data dalam rangka menyusun rencana program, monitoring dan evaluasi pelaporan serta penyusunan laporan.

Untuk melaksanakan tugas, Sub Bagian Penyusunan Program mempunyai fungsi :

  1. Pengumpulan bahan dan penganalisaan data guna penyusunan rencana kegiatan dan program kerja Badan
  2. Pelaksanaan pemantauan dan evaluasi hasil program kerja Badan
  3. Penghimpunan dan penganalisaan data guna penyajian informasi
  4. Penganalisaan hasil pelaksanaan program Badan
  5. Pengkoordinasian dan penyusunan laporan hasil program Badan
  6. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai bidang tugasnya.

               Sub Bagian Keuangan

Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas melakukan perencanaan anggaran pembiayaan, pegelolaan dan mengkoordinir penyusunan laporan pertanggungjawaban atas pelaksanaan pengelolaan keuangan Badan.

Sub Bagian Keuangan mempunyai fungsi :

 

  1. Pelaksanaan penghimpunan data dan penyiapan bahan kebutuhan dalam rangka penyusunan anggaran keuangan Badan
  2. Pelaksanaan pengelolaan anggaran keuangan belanja langsung maupun belanja tidak langsung
  3. Penyusunan, penatausahaan, verifikasi dan pelaporan keuangan, serta pengujian pembayaran
  4. Pelaksanaan pengujian, penatausahaan, verifikasi dan pelaporan perintah pembayaran
  5. Pelaksanaan penatausahaan kas dan urusan belanja anggaran kegiatan kebutuhan kantor
  6. Penyusunan kebutuhan operasional, verifikasi data dan dokumen keuangan serta pelaporan keuangan
  7. Pelaksanaan pengujian terhadap data dan dokumen keuangan, serta pelaporan keuangan
  8. Pelaksanaan pengujian terhadap data dan dokumen permintaan pembayaran keuangan, serta dokumen pendukung
  9. Pelaksanaan penatausahaan data dan implementasi sistem informasi, pelaporan data dan perkembangan realisasi permintaan pembayaran keuangan dan perkembangan realisasi pencairan anggaran
  10. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan bidang tugasnya

                 Sub. Bagian Umum

Sub Bagian Umum mempunyai tugas melakukan urusan surat menyurat, perlengkapan dan rumah tangga, memelihara barang-barang inventaris, serta laporan berkala.

Sub Bagian Umum mempunyai Tugas :

  1. Penyelenggaraan urusan administrasi kepegawaian lingkungan Badan
  2. Penyelenggaraan urusan rumah tangga, rapat-rapat, tamu-tamu dinas dan pelaksanaan kehumasan
  3. Penyelenggaraan urusan ketatausahaan, surat menyurat dan kearsipan
  4. Penyusunan rencana kebutuhan barang, termasuk inventarisasi barang, pengadaan, perawatan dan pemeliharaan barang perlengkapan Badan

 

  1. Pelaksanaan penerbitan, pengamanan dan pemeliharaan kebersihan kantor dan lingkungan sekitarnya
  2. Penyusunan laporan tahunan tentang barang inventarisasi kantor
  3. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan Sekretaris sesuai dengan bidang tugasnya.

 

2.    BIDANG HUBUNGAN ANTAR LEMBAGA

Bidang Hubungan Antar Lembaga mempunyai tugas melaksanakan koordinasi dan fasilitasi Hubungan Antar Lembaga

Untuk melaksanakan tugas, Bidang Hubungan Antar Lembaga mempunyai fungsi :

  1. Pelaksanaan koordinasi dan sinkronisasi, penyusunan program di bidang Hubungan Antar Lembaga
  2. Pelaksanaan penyusunan program fasilitasi Hubungan dengan lembaga legislatif, lembaga penyelenggara pemilihan umum dan partai politik, organisasi kemasyarakatan, lembaga swadaya
  3. Pelaksanaan pengolahan data partai politik, organisasi kemasyarakatan dan Lembaga Sosial Masyarakat
  4. Pelaksanaan pembuatan peta politik dan kekuatan parpol hasil pemilu dan pilkada
  5. Pelaksanaan fasilitasi dan mediasi kegiatan Parpol, Ormas / Tokoh Masyarakat / Tokoh Agama, LSM, PTN dan PTS
  6. Pelaksanaan pemantauan kegiatan Parpol, Ormas / Tokoh Masyarakat / Tokoh Agama, LSM, PTN dan PTS
  7. Fasilitasi, mediasi dan komunikasi dalam hubungan antar Parpol, Ormas / Tokoh Masyarakat / Tokoh Agama, LSM, PTN dan PTS
  8. Pelaksanaan koordinasi tugas dan program Hubungan Antar Lembaga dengan Instansi dan atau lembaga terkait
  9. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan tugas serta program Hubungan Antar Lembaga
  10. Pelaksanaan Koordinasi dengan kelompok kerja guna memproses PAW anggta DPRD
  11. Pelaksanaan tugas – tugas lain yang diberikan oleh Kepala Badan sesuai bidang tugasnya

               Sub Bidang Lembaga Politik

Sub Bidang Lembaga politik mempunyai tugas :

  1. Menyiapkan bahan pengumpulan penyusunan kegiatan dengan partai politik, penyelenggaraan Pemilu dan Lembaga Legislatif dalam pelaksanaan demokrasi dan penguatan HAM
  2. Menyiapkan bahan koordinasi, konsultasi dan kerjasama dengan partai politik, penyelenggaraan Pemilu dan lembaga legislatif serta Instasi dan atau lembaga terkait dalam rangka fasilitasi pendidikan politik dan pengembangan demokrasi dan HAM di Lingkungan aparat pemerintah dan masyarakat
  3. Menyiapkan bahan koordinasi dan kerjasama dalam rangka fasilitasi proses Pergantian Antar Waktu anggota DPRD Kabupaten Blitar dan memantapkan sikap serta tingkah laku yang berdimensi demokrasi dan HAM
  4. Menyiapkan bahan pelaksanaan evaluasi dan menyusun laporan kegiatan fasilitasi partai politik, Penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Lembaga Legislatif serta penumbuhan suasana politik yang demokratis yang penuh keterbukaan dan rasa tanggung jawab serta menjunjung tinggi supremasi hukum dan HAM

 

  1. Menghimpun dan menyusun data keberadaan jumlah dan kegiatan Partai Politik dan menyiapkan bahan pemberian pertimbangan kepada Kepala Bidang
  2. Menyiapkan bahan koordinasi, konsultasi dan kerjasama dengan penyelenggaraan Pemilu serta instansi dan atau lembaga terkait dalam rangka fasilitasi penyelenggaraan
  3. Melaksanakan tugas – tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai bidang tugasnya

                  Sub Bidang Hubungan Lembaga Kemasyarakatan mempunyai tugas :

  1. Menghimpun dan mengolah data dalam rangka menyusun kegiatan hubungan Ormas, Lembaga Profesi dan LSM
  2. Melakukan koordinasi, konsultasi dan kerjasama dengan Ormas, Lembaga Profesi dan LSM dalam rangka fasilitasi pemberdayaan lembaga infra struktur politik
  3. Menghimpun dan menyusun data keberadaan, jumlah dan kegiatan Ormas,

Lembaga Profesi dan LSM

  1. Melakukan evaluasi dan menyusn laporan tentang kegiatan fasilitasi hubungan dengan lembaga Ormas, Lembaga Profesi dan LSM
  2. Melaksanakan tugas – tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai bidang tugasnya

3.    BIDANG INTEGRASI BANGSA

Bidang Integrasi Bangsa mempunyai tugas melaksanakan koordinasi dan fasilitasi di bidang Integrasi Bangsa

Untuk melaksanakan tugas Bidang Integrasi Bangsa mempunyai tugas :

  1. Pelaksanaan koordinasi dan sinkronisasi, penyusunan program dibidang Integrasi Bangsa
  2. Pelaksanaan penyusunan program peningkatan kapasitas aparatur dan fasilitasi pembinaan penyelenggaraan pemerintahan dibidang pembauran bangsa dan wawasan kebangsaan serta penghargaan kebangsaan
  3. Pelaksanaan koordinasi tugas dan program kegiatan pembauran bangsa dan wawasan kebangsaan dengan instansi dan atau lembaga terkait
  4. Pelaksanaan penyelenggaraan fasilitator, sosialisasi dan pengembangan wasbang dan ketahanan bangsa dan pembauran bangsa
  5. Pelaksanaan kegiatan pengembangan dan aplikasi wasbang, ketahanan bangsa, pembauran bangsa serta nilai – nilai kebangsaan
  6. Pelaksanaan tugas – tugas lain yang diberikan olek Kepala Badan sesuai bidang tugasnya

               Sub Bidang Wawasan Kebangsaan

Sub Bidang Wawasan Kebangsaan mempunyai tugas:

  1. Menyiapkan bahan penyusunan kegiatan di bidang wawasan kebangsaan
  2. Menyiapkan bahan pengembangan dan aplikasi wasbang, ketahanan bangsa serta nilai – nilai kebangsaan
  3. Menyiapkan bahan meningkatkan solidaritas dan kesatupaduan masyarakat
  4. Menyiapkan bahan sosialisasi wasbang dan ketahanan bangsa dalam forum komunikasi kesatuan bangsa
  5. Menyiapkan bahan peningkatan forum komunikasi dan konsultasi etnis lokal antar umat beragama
  6. Melaksanakan tugas – tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai bidang tugasnya

               Sub Bidang Pembauran

Sub Bidang pembauran mempunyai tugas :

  1. Menyiapkan bahan penyusunan kegiatan di bidang pembauran bangsa

 

  1. Menyiapkan bahan peningkatan kapasitas aparatur dan fasilitasi pembinaan penyelenggaraan pemerintahan di bidang pembauran bangsa untuk meningkatkan pembauran antar golongan, etnis, suku serta umat beragama diberbagai aspek kehidupan masyarakat
  2. Menyiapkan bahan koordinasi dan koordinasi dengan instansi dan atau lembaga terkait dibidang pembauran bangsa
  3. Menyiapkan bahan pengkajian masalah pembauran bangsa dalam dimensi berbagai kehidupan
  4. Melaksanakan tugas – tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan tugasnya

4.     Bidang Budaya Politik

Bidang Budaya Politik mempunyai tugas melaksanakan koordiansi fasilitasi di bidang budaya politik

Untuk melaksanakan tugasnya Bidang Budaya Politik mempunyai fungsi:

  1. Pelaksanaan koordinasi dan sinkronisasi, penyusunan program di bidang Budaya Politik
  2. Pelaksanaan program fasilitasi pelaksanaan kegiatan budaya politik dalam bidang Demokrasi dan HAM dan pengembangan Etika Politik
  3. Pelaksanaan koordinasi tugas dan program kegiatan demokrasi dan HAM dan pengembangan Etika Politik dengan Instansi dan atau Lembaga Terkait
  4. Pelaksanaan fasilitasi untuk pengembangan norma / nilai budaya demokratis dalam masyarakat sadar akan hak dan kewajiban warga negara demi terwujudnya demokratisasi
  5. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan tugas serta program kegiatan budaya politik di bidang demokrasi dan HAM dan pengembangan etika Politik
  6. Melaksanakan tugas–tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai bidang tugasnya

              Sub Bidang Demokrasi dan Hak Asazi Manusia (HAM)

Sub Bidang Demokrasi dan HAM mempunyai tugas :

  1. Menyiapkan bahan penyusunan kegiatan pelaksanaan demokrasi dan penguatan HAM
  2. Menyiapkan bahan pelaksanaan kegiatan pengembangan demokrasi dan HAM di lingkungan aparat pemerintah dan masyarakat
  3. Menyiapkan diseminasi dan pendidikan HAM untuk memantapkan pengetahuan, sikap, tingkah laku yang rasional berdimensi Demokrasi dan HAM
  4. Menyiapkan bahan penumbuhan suasana politik yang demokratis bercirikan keterbukaan, rasa tanggung jawab, tanggap dan aspiratif serta menjunjung tinggi supremasi hukum dan HAM dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
  5. Menyiapkan bahan pemberian pertimbangan kepada Kepala Bidang Budaya Politik dalam pelaksanaan tugas
  6. Melaksanakan tugas – tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang tugas

              Sub Bidang Pengembangan Etika Politik

Sub Bidang pengembangan etika politik mempunyai tugas :

  1. Menyiapkan bahan pengembangan etika politik
  2. Menyiapkan bahan koordinasi dan kerjasama dengan instansi dan atau lembaga terkait di bidang pengembangan etika politik.
  3. Menyiapkan bahan fasilitasi pengembangan etika politik untuk mewujudkan kesetaraan pola pikir di lingkungan aparat pemerintah dan masyarakat
  4. Menyiapkan bahan pendidikan etika politik untuk memantapkan pengetahuan, sikap dan tingkah laku yang rasional dalam upaya perwujudan demokratisasi

 

  1. Menyiapkan bahan pemberian pertimbangan kepada Kepala Bidang dalam pelaksanaan tugas
  2. Melaksanakan tugas – tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang, sesuai bidang

 

5.    BIDANG KEWASPADAAN

Bidang Kewaspadaan mempunyai tugas melaksanakan koordinasi dan fasilitasi di bidang kewaspadaan.

Untuk melaksanakan tugas bidang kewaspadaan mempunyai fungsi:

  1. Melaksanakan koordinasi dan sinkronisasi, penyusunan program pencegahan dan penanganan konflik
  2. Melaksanakan pengkoordinasian    tugas    dan    program    kegiatan    fasilitasi pencegahan dan penanganan konflik dengan instansi dan atau lembaga terkait
  3. Melaksanakan evaluasi dan pelaporan tugas serta program pencegahan dan penanganan konflik
  4. Melaksanakan analisis potensi konflik, penanganan konflik dan rekonsiliasi serta rehabilitasi
  5. Melaksanakan tugas – tugas lain yang diberikan oleh Kepala Badan sesuai bidang tugasnya.

               Sub Bidang Pencegahan Konflik

Sub Bidang Pencegahan Konflik mempunyai tugas :

  1. Menyiapkan bahan perumusan kebijakan dan fasilitasi pelaksanaan di bidang pencegahan konflik
  2. Menyiapkan bahan pengumpulan dan pengolahan data di bidang kewaspadaan dini, intelkam, bina masyarakat dan tenaga kerja
  3. Menyiapkan bahan koordinasi dan kerjasama dengan instansi terkait atau lembaga terkait di bidang kewaspadaan dini, intelkam, bina masyarakat dan tenaga kerja
  4. Menyiapkan bahan evaluasi dan pelaporan terhadap kegiatan kewaspadaan dini, intelkam, bina masyarakat dan tenaga kerja
  5. Melaksanakan tugas – tugas lain yang diberikan oleh Kepala bidang sesuai dengan bidang tugasnya

               Sub Bidang Penanganan Konflik

Sub Bidang Penanganan Konflik mempunyai tugas :

  1. Menyiapkan bahan   perumusan   kebijakan   dan    fasilitasi pelaksanaan pengembangan kapasitas di bidang penanganan konflik sosial
  2. Menyiapkan bahan    pengumpulan    dan   pengolahan    data   di    bidang penanganan konflik, sosial dan pengawasan orang asing
  3. Menyiapkan bahan koordinasi dan kerjasama dengan instansi atau lembaga terkait di bidang penanganan konflik, sosial dan pengawasan orang asing
  4. Menyiapkan bahan pelaksanaan pemulihan situasi daerah konflik dan mendamaikan kelompok yang terlibat konflik
  5. Menyiapkan bahan fasilitasi peningkatan kwalitas dan memantapkan di bidang penanganan konflik, sosial dan pengawasan orang asing
  6. Menyiapkan bahan pemetaan daerah rawan konflik
  7. Menyiapkan bahan pengelolaan data dan informasi yang berkaitan dengan penyebab kemungkinan terjadinya konflik sebagai bahan penyusunan kebijakan
  8. Menyiapkan bahan fasilitasi serta meningkatkan pembauran antar golongan, etnis, suku, umat beragama serta sosial budaya diberbagai aspek kehidupan masyarakat guna rekonsiliasi dan rehabilitasi

 

  1. Menyiapkan bahan koordinasi dan sinkronisasi serta kerjasama dengan badan, dinas / instansi atau lembaga terkait dibidang penanganan konflik, sosial dan pengawasan orang asing
  2. Menyiapkan bahan pelaksanaan penyuluhan masyarakat akan pentingnya kondisi daerah yang aman, tentram, tertib dan teratur
  3. Menyiapkan bahan pelaksanaan evaluasi dan pelaporan kegiatan di bidang penanganan konflik, sosial dan pengawasan orang
  4. Melaksanakan tugas – tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan bidang tugasnya
Top