You are here
Home > Berita > Sosialisasikan Deklarasi Damai Pemilu 2019, Bakesbangpol Kabupaten Blitar Ajak Grup Lawak Guyon Maton Cak Percil Cs.

Sosialisasikan Deklarasi Damai Pemilu 2019, Bakesbangpol Kabupaten Blitar Ajak Grup Lawak Guyon Maton Cak Percil Cs.

Blitar – Menuju Pemilu Serentak 2019, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Blitar (Bakesbangpol) menggelar kegiatan Fasilitasi Koordinasi Partai Politik dan Stakeholders dengan tema “Mewujudkan Pemilu 2019 yang Aman, Damai dan Demokratis” pada hari Senin (11-03-2019) yang bertempat di Aloon – aloon Kabupaten Blitar di Kanigoro. Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar, Drs. Totok Subihandono, M.Si, serta Direktur Politik Dalam Negeri Kemendagri yaitu Drs. La Ode Ahmad P. Balombo, AP., M.Si. yang juga merupakan narasumber dalam kegiatan sosialisasi ini. Selain itu, juga dihadiri oleh Kepala Bakesbangpol (Dicky Cobandono, S.Sos, M.Si), Ketua KPU Kabupaten Blitar (Imron Nafifah), Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar (Hakam Sholahudin), jajaran samping, Tiga Pilar Desa/Kelurahan, dan juga Perwakilan Partai Politik peserta Pemilu 2019 serta masyarakat dengan total hingga ± 3.000 orang.

Tujuan dari Deklarasi Damai Pemilu 2019 ini antara lain :

  1. Meningkatkan pengetahuan seluruh stakeholder dan semua pihak dalam mengambil bagian dalam Pemilu 2019;
  2. Diharapkan Pelaksanaan Pemilu Tahun 2019 di Kabupaten Blitar akan lebih meningkat partisipasi politik dan juga akan meningkatkan kualitas Pemilu;
  3. Meningkatan wawasan, pemahaman dan kesiapan semua pihak dalam menyongsong Pemilu 2019 dengan baik, sesuai dengan Perundang – Undangan yang berlaku.

Pemilu merupakan salah satu pilar demokrasi sebagai wahana perwujudan kedaulatan rakyat guna menghasilkan pemerintahan yang demokratis sehingga diharapkan menghasilkan pemerintahan yang mendapatkan legitimasi yang kuat dan amanah, oleh karena itu diperlukan upaya dari seluruh komponen bangsa dan rakyat untuk menjaga kualitas pemilu seperti yang disampaikan dalam sambutan Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar Drs. Totok Subihandono, M.Si. “Suksesnya pemilu bukan hanya bersandar pada integritas penyelenggara dan peserta saja, namun juga harus didukung seluruh pemangku kepentingan pemilu demi terciptanya sinergitas yang kuat dan saling berkesinambungan”, tuturnya.

Direktur Politik Dalam Negeri Kemendagri Drs. La Ode Ahmad P. Balombo, AP., M.Si menyampaikan bahwa aktor pemilu yaitu penyelenggara, peserta dan masyarakat yang menjadi pemilih harus bisa mentaati bersama peraturan KPU, Bawaslu dan DKPP, selanjutnya pemilu bisa dimaknai sebagai aspek politik untuk melihat indikator pembangunan demokrasi, dan keberhasilan pemerintah dalam penyelengaraan pemilu. “Proses demokrasi merupakan kedaulatan rakyat mari kita songsong pemilu 2019 dengan senang hati dan gembira kita hindari racun demokrasi yang bertentangan dengan hukum sehingga bisa menghasilkan pemilu yang baik,” tambahnya.

Direktur Politik Dalam Negeri Kemendagri (Drs. La Ode Ahmad P. Balombo, AP. M.SI) saat menyampaikan sambutan.

Pada kesempatan itu, juga dilaksanakan Pembacaan Deklarasi Damai oleh perwakilan Forkopimda dan stake holders terkait dan dilanjutkan dengan pembubuhan tanda tangan Deklarasi Damai Pemilu 2019. Isi dari Deklarasi Damai sebagai berikut :

Kami peserta pemilu, penyelengara pemilu, tim koordinasi dan fasilitasi, stake holders dan semua elemen masyarakat dengan ini menyatakan :

1) Mewujudkan pemilu 2019 langsung, jujur adil dan demokratis

2) Menjaga situasi dan kondisi Kab Blitar yang tertib, aman dan damai.

3) Mentaati tahapan pemilu sesuai aturan yang berlaku.

Acara ceremonial selesai dan dilanjutkan dengan hiburan dari Grup Lawak Guyon Maton Cak Persil Cs hingga masyarakat memenuhi halaman Aloon-Aloon Kabupaten Blitar. Di tengah-tengah hiburan juga disisipkan sosialisasi Pemilu oleh Ketua KPU Kabupaten Blitar (Imron Nafifah) dan Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar (Hakam Sholahudin).

Kepala Bakesbangpol beserta Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar saat berada di atas panggung dengan Cak Percil Cs.

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang strategis dan tepat sekali sehingga Kabupaten Blitar bisa menjadi contoh wilayah lain dalam penyelenggaraan pemilu. Walaupun pilihan berbeda, persatuan harus tetap kita jaga sehingga pemilu yang bertujuan untuk mendukung legitimasi pemerintahan dan sarana pendidikan yang demokratis dapat tercapai. (admin.bakesbang)

Top