You are here
Home > Berita > Menuju Pemilu Serentak 2019, Bakesbangpol Gencarkan Sosialisasi Pendidikan Politik di Kabupaten Blitar

Menuju Pemilu Serentak 2019, Bakesbangpol Gencarkan Sosialisasi Pendidikan Politik di Kabupaten Blitar

Blitar – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Blitar (Bakesbangpol) kembali menggelar Sosialisasi Pendidikan Politik dalam rangka menyongsong Pemilu Serentak 2019. Pada hari Selasa (05-03-2019) bertempat di Pendopo Agung Sasana Adhi Praja Pemerintah Kabupaten Blitar dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Pendidikan Politik bagi Calon Legislatif (Caleg) DPRD Kabupaten Blitar dengan Tema “Kita wujudkan Pemilu 2019 dengan Aman, Bersih, Berintegritas dan Bermartabat” yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Blitar. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Blitar (Marhaenis UW, S.Sos) dan sekitar 481 Caleg DPRD Kabupaten Blitar.

Sosialisasi Pendidikan Politik ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran politik bagi para Caleg di Kabupaten Blitar serta meningkatkan kesadaran hak dan kewajiban kepada para Caleg agar pelaksanaan Pemilu 2019 sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sosialisasi Pendidikan Politik kali ini berbentuk diskusi supaya mendapatkan hasil yang optimal. Penyampaian materi dalam bentuk diskusi panel dengan Narasumber sebagai berikut:
a. Ketua KPU Kabupaten Blitar (Imron Nafifah), dengan materi “Pemilihan Umum 2019 dan Penetapan Perolehan Jumlah Kursi Tiap Partai Politik Peserta Pemilu”;
b. Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar (Hakam Sholhudin) dengan materi “Pengawasan Partisipatif Untuk Pemilu Demokratis.”

Wakil Bupati Blitar Marhaenis UW dalam sambutannya mengatakan Partai Politik maupun Caleg harus menyadari dan memahami peraturan perundang-undangan yang berlaku yakni terkait Pemilu 2019. “Masih banyaknya pelanggaran yang dilakukan peserta Pemilu baik itu calon anggota legislatif (Caleg), partai politik, maupun kandidat pemilu presiden termasuk pelanggaran administrasi, pidana, maupun pelanggaran menyangkut etika,” tuturnya.

Wakil Bupati Blitar, Marhaenis UW saat memberikan sambutan.

Dicky Cobandono, S.Sos., M.Si selaku Kepala Bakesbangpol mengatakan suksesnya Pemilu bukan hanya bersandar pada integritas penyelenggaraan dan peserta pemilu saja. Namun, juga harus didukung oleh seluruh pemangku kepentingan pemilu demi terciptanya sinergitas yang kuat dan saling berkesinambungan. “Salah satu bagian terpenting dari sebuah proses pemilihan umum adalah peran dan partisipasi masyarakat. Harapanya masyarakat menjadi pemilih yang cerdas sehingga nantinya dapat terpilih pemimpin atau anggota parlemen yang mempunyai integritas dan kualitas yang tinggi,” Kata Dicky Cobandono.

Semoga dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan mampu memberikan manfaat berupa pendidikan di bidang politik bagi seluruh masyarakat, khususnya bagi para Calon Legislatif DPRD di Kabupaten Blitar supaya Pemilu Serentak tahun 2019 ini dapat berjalan dengan aman, bersih, berintegritas dan bermartabat. (admin.bakesbang)

Top